Senin, 14 November 2016

Tugas 2 PENGANTAR TELEMATIKA

SOAL.


1.Jelaskan peranan jaringan komputer yang berkaitan dengan bagian telekomunikasi pada layanan telematika! 

2.Sebutkan dan jelaskan aplikasi apa saja yang bermunculan dengan semakin luasnya jangkauan telekomunikasi dan semakin banyaknya perangkat telekomunikasi! 

3.Berikan contoh proses yang berkaitan dengan arsitektur client-server dan arsitektur peer-to-peer pada layanan telematika! 


JAWAB.

1.) 
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Lalu yang membuat paranannya dalam telekomunikasi pada telematika yaitu :

-Jaringan Komputer membuat telekomunikasi pada layanan telematika selalu upto date serta dapat dilakukan dimana saja.

-Jaringan komputer dapat melakukan pertukar data / data Sharing dalam jaringan sehingga membuat pertukaran informasi/data lebih cepat.

-Serta dapat menghemat biaya dalam melakukan komunikasi misalnya dengan melakukan teleconference menggunakan video bisa di lakukan dimana saja tanpa bertemu langsung.

2.)
-Aplikasi E-commerce : penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Contohnya : Lazada, BliBli, Tokopedia, Bukalapak

-Aplikasi Reservasi Online : Baik pemesanan tiket kereta api, hotel, pesawat, bioskop, pemesanan taxi online, ojek online, makanan online dan sebagainya. Contohnya : Go-Jek, Uber, Grab Bike, Padiciti, Traveloka, Tiket.com

-Aplikasi Cloud : Sebagai media penyimpanan yang dapat kita gunakan dimana saja dan kapan saja selama masih terhubung dengan internet. Sehinnga tidak di butuhkan pnyedia ppenyimpanan hardisk atau pun flash disk, Karen cukup disimpan di cloud semua bisa di akses kapan pun dan dimanapun.

-Social Media : memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personillainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

- e-government :  salah contohnya adanya Aplikasi MANTRA bermanfaat untuk menjembatani pertukaran data antar instansi pemerintah meskipun berbeda Database, Aplikasi maupun Sistem Operasinya. Aplikasi MANTRA dapat difungsikan sebagai GSB (Government Service Bus) dan Web-API (Application Programming Interface).




3.)
 - Client Server
Merupakan sebuah teknologi jaringan computer yang pada prosesnya memiliki satu buah computer sebagai server dan computer lainnya sebagai klient. bedanya dengan jaringan pear to perar dengan client server adalah yang dapat bertugas sebagai penyedia data, pemrosesan data, dan menerima permintaan adalah server sedangkan client hanyalah sebagai peminta informasi saja. Contohnya adalah sistem ATM, yang informasi semua nasabah berada pada server sedangkan yang lainnya hanya sebagai client yang meminta informasi tentang informasi rekening.

- Peer to Peer
Merupakan sebuah teknologi jaringan computer yang setiap computer dapat berkomunikasi satu sama lain baik sebagai penerima maupun peminta sebuah informasi dan perintah sebagai sarana untuk penyebaran layanan telematika. Contohnya adalah jaringan computer LAN (Local Area Network ), salah satu contohnya adalah file sharing antar komputer di jaringan komputer. Minimal jumlah computer pada teknologi ini adalah 2 komputer.



Referensi :

http://www.dasarpendidikan.co.id/2013/06/pengertian-dan-fungsi-jaringan-komputer.html


ttps://www.utopicomputers.com/perbedaan-jaringan-komputer-peer-to-peer-dan-client-server/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar