SOAL.
1.Jelaskan
peranan jaringan komputer yang berkaitan dengan bagian telekomunikasi pada
layanan telematika!
2.Sebutkan
dan jelaskan aplikasi apa saja yang bermunculan dengan semakin luasnya
jangkauan telekomunikasi dan semakin banyaknya perangkat telekomunikasi!
3.Berikan contoh proses yang berkaitan dengan arsitektur
client-server dan arsitektur peer-to-peer pada layanan telematika!
JAWAB.
1.)
Jaringan komputer
adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling
terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga
dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.
Lalu yang membuat paranannya dalam telekomunikasi pada telematika yaitu :
-Jaringan Komputer membuat telekomunikasi pada layanan telematika selalu upto date serta dapat dilakukan dimana saja.
Lalu yang membuat paranannya dalam telekomunikasi pada telematika yaitu :
-Jaringan Komputer membuat telekomunikasi pada layanan telematika selalu upto date serta dapat dilakukan dimana saja.
-Jaringan komputer dapat melakukan pertukar data / data Sharing dalam jaringan sehingga membuat pertukaran informasi/data lebih cepat.
-Serta dapat menghemat biaya dalam melakukan komunikasi misalnya dengan melakukan teleconference menggunakan video bisa di lakukan dimana saja tanpa bertemu langsung.
2.)
-Aplikasi E-commerce : penyebaran, pembelian,
penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Contohnya : Lazada, BliBli,
Tokopedia, Bukalapak
-Aplikasi Reservasi Online : Baik pemesanan tiket
kereta api, hotel, pesawat, bioskop, pemesanan taxi online, ojek online,
makanan online dan sebagainya. Contohnya : Go-Jek, Uber, Grab Bike, Padiciti,
Traveloka, Tiket.com
-Aplikasi Cloud : Sebagai media penyimpanan yang
dapat kita gunakan dimana saja dan kapan saja selama masih terhubung dengan
internet. Sehinnga tidak di butuhkan pnyedia ppenyimpanan hardisk atau pun
flash disk, Karen cukup disimpan di cloud semua bisa di akses kapan pun dan
dimanapun.
-Social Media : memungkinkan para pengguna dapat
menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personillainnya dan
dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan
pengguna lainnya.
- e-government : salah contohnya adanya Aplikasi MANTRA
bermanfaat untuk menjembatani pertukaran data antar instansi pemerintah
meskipun berbeda Database, Aplikasi maupun Sistem Operasinya. Aplikasi MANTRA
dapat difungsikan sebagai GSB (Government Service Bus) dan Web-API (Application
Programming Interface).
3.)
- Client Server
- Client Server
Merupakan
sebuah teknologi jaringan computer yang pada prosesnya memiliki satu buah
computer sebagai server dan computer lainnya sebagai klient. bedanya dengan
jaringan pear to perar dengan client server adalah yang dapat bertugas sebagai
penyedia data, pemrosesan data, dan menerima permintaan adalah server sedangkan
client hanyalah sebagai peminta informasi saja. Contohnya adalah sistem ATM,
yang informasi semua nasabah berada pada server sedangkan yang lainnya hanya
sebagai client yang meminta informasi tentang informasi rekening.
-
Peer to Peer
Merupakan
sebuah teknologi jaringan computer yang setiap computer dapat berkomunikasi
satu sama lain baik sebagai penerima maupun peminta sebuah informasi dan
perintah sebagai sarana untuk penyebaran layanan telematika. Contohnya adalah
jaringan computer LAN (Local Area Network ), salah satu contohnya adalah file
sharing antar komputer di jaringan komputer. Minimal jumlah computer pada
teknologi ini adalah 2 komputer.
Referensi :
http://www.dasarpendidikan.co.id/2013/06/pengertian-dan-fungsi-jaringan-komputer.html
ttps://www.utopicomputers.com/perbedaan-jaringan-komputer-peer-to-peer-dan-client-server/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar