Senin, 20 Oktober 2014

PENGERTIAN TEORI ORGANISASI MANAJEMEN

PENGERTIAN TEORI ORGANISASI MANAJEMEN


Ø Organisasi adalah suatu macam bentuk perkumpulan antar manusia yang saling berinteraksi atau saling berbagi dalam menjalankan kehidupannya sebagai mahluk sosial . Organisasi dapat di artikan sebagai tempat sharing seorang individu terhadap individu-individu lainnya dalam suatu masalah tersebut.




Ø Manajemen adalah Suatu Proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.



Pengertian / Definisi Organisasi Informal dan Organisasi


1. Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar, serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.

2. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak SD dan lain-lain.

Ciri – Ciri Organisasi

-Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk Bekerja Sama

Organisasi adalah merupakan merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi saat bagi orang-orang unutk melaksanakan suatu kerja sama, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaiman cara bekerja sama tersebut akan dilaksankan.

-Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang

Suatu organisasi, selain merupakan tempat kerja sama juga merupaka proses kerja sama sedikitnya antar dua orang.

-Jelas tugas kedudukannya masing-masing

Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing-masing orang atau pihak hubngan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas, dengan demikian kesimpulan dobel pekerjaan dan sebagainya akan dapat di hindarkan


-Ada tujuan tertentu

Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi seorang manajer. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cendrung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik.


Prinsip - Prinsip Manajemen



- Kepemimpinan

Dalam sebuah manajemen, kepemimpinan memegang peranan dalam menentukan kesatuan organisasi dan kesatuan arah dan tujuan organisasi. 

- Pemaksimalan SDM (Sumber Daya Manusia)

Pemaksimalan SDM merupakan prinsip manajemen yang mendorong penempatan seseorang sesuai dengan bidang keilmuannya.

- Sistem Manajemen

Sistem manajemen merupakan sistem yang disusun untuk mencapai tujuan dan arah organisasi secara efektif dan efisien.

- Pendekatan Proses

Pendekatan proses merupakan kegiatan manajemen yang melihat aktifitas yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

- Perbaikan yang Berkelanjutan

Perbaikan yang berkelanjutan merupakan rangkaian dari kegiatan manjemen yang dilakukan untuk meningkatkan atau mempertahankan prestasi yang diraih.

- Pengambilan Keputusan 
Pengambilan keputusan disesuaikan dengan data dan informasi yang akurat sehingga keputusan yang diambil tidak merugikan organisasi.

- Fokus pada Konsumen
Fokus pada konsumen merupakan kegiatan manajemen yang mempelajari tingkah laku dan atau perubahan tingkah laku konsumen.

- Hubungan Kerjasama yang Baik dengan Pihak Diluar Organisasi.


FUNGSI UTAMA MANAJEMEN


- Planning

Menentukan tujuan organisasi dan memilih serangkaian aksi dari beberapa alternatif yang ada untuk mencapai tujuan tersebut. Menentukan apa yang harus dilakukan, bagaimana, kapan dan siapa yang melakukan.

- Organizing

Menentukan bagaimana aktivitas dan sumber daya dikelompokkan. Menentukan komposisi tim kerja dan aktivitas koordinasi.

- Leading

Serangkaian proses yang digunakan untuk membuat semua personel organisasi bekerja sama untuk meningkatkan keuntungan. Memotivasi dan berkomunikasi dengan SDM organisasi untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai.

- Controlling

Memonitor kemajuan organisasi dalam mencapai tujuan. Proses membandingkan hasil dan harapan, dan melakukan perubahan-perubahan yang tepat.

- Staffing

Rekruitasi, seleksi, pemberian tugas, pelatihan, pengembangan, evaluasi dan pemberian kompensasi kepada staff.



 CIRI-CIRI ORGANISASI


  •  Organisasi Mempunyai Tujuan dan Sasaran Utama Untuk Dicapai Bersama-sama

Artinya, organisasi diciptakan tidak untuk kepentingan sendiri, tetapi untuk kepentingan bersama anggota.

  • Organisasi Mempunyai Aturan

Setiap organisasi mempunyai aturan, aturan tersebut harus ditaati oleh setiap anggota, tujuan aturan tersebut dibuat yaitu supaya organisasi terkendali dan teroganisir.

  • Organisasi Termanajemen

Seperti pada artikel sebelumnya yaitu Pengertian Tentang Organisasi, Manajemen dan Tata Kerja, untuk mencapai tujuan maka diperlukan kerja team.
  •  Organisasi terkoordinasi

Mengkoordinasi tugas merupakan salah satu tugas manager atau pimpinan, pimpinan yang baik yaitu pimpinan yang mengajarkan anggotanya sebelum memberikan perintah untuk dikerjakan, beda dengan ‘bos’ yang hanya terima beres.


UNSUR-UNSUR ORGANISASI


          
Sebuah organisasi memiliki unsure-unsur yang salaing terkait didalamnya, diantaranya
adalah:

-Manusia : sebagai unsur terpenting dalam sebuah organisasi, artinya manusia sebagai penggerak organisasi tersebut dalam usaha mencapai tujuannya.


-Team work : Kerja sama tim sangat diperlukan dalam sebuah organisasi, hal ini menentukan tingkat kesuksesan organisasi tersebut.


-Tujuan utama : sebuah organisasi harus memiliki visi dan misi serta tujuan yang jelas.


-Peralatan dan Perlengkapan : peralatan dan perlengkapan dibutuhkan oleh manusia sebagai sumber daya terpenting untuk mempermudah jalannya proses manajemen organisasi.


-Sumber daya alam : sumber daya alam juga memegang peranan penting dalam sebuah organisasi. Manusia sebagai pelaku harus bisa memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia demi tercapainya tujuan organisasi.


-Manajemen organisasi : adanya pembagian tugas dan kewajiban serta hak dan wewenang bagi setiap masing-masing anggota organisasi.


-Lingkungan : adanya lingkungan yang kondusif artinya, terjadinya komunikasi positif antar sesama anggota organisasi.


PENGALAMAN BERORGANISASI




       Saya akan menceritakan pengalaman saya dalam berorganisasi. Menurut saya, Organisasi adalah sekelompok individu yang terstruktur secara sistematis dalam suatu sistem yang memiliki tujuan bersama. Dengan mengikuti organisasi kita akan mendapatkan banyak pengalaman, belajar memahami sifat orang lain dan, pendewasaan, belajar mengemukakan pendapat, mendapat ilmu dan juga dapat bekerja sama dengan baik.

Pengalaman organisasi yang pertama saya  lakukan pada saat saya duduk di bangku smp,saya mengikuti organisasi Rohis,dalam organisasi itu kami belajar mengenai pengetahuan Agama,dan saya mendapatkan ilmu yang sangat banyak dari organisasi ini dari belajar bersosisalisasi,terjaga dari maksiat,terbiasa tawazun mengejar dunia dan akhirat,Dll

Pengalaman organisasi selanjutnya saat saya masuk di bangku SMA,pada saat tingkat ini saya banyak mengikuti organisasi di Sekolah maupun di luar sekolah,saya pernah mengikuti organisasi seperti Pramuka,organisasi Futsal,Bulutangkis,Karang taruna,dan masuk organisasi Fans united di indonesia
Keuntungan mengikuti organisasi menurut saya adalah adalah:

·         -Kita bisa menambah wawasan
·         -Mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat
·         -Lebih banyak pengalaman
·         -Menambah keterampilan dan mengasah keterampilan
·         -Membantu untuk bisa mendapatkan penghasilan (tambahan penghasilan)
·         -Bisa saling bertukar pendapat dan bersosisalisasi
·         -Bisa bekerja sama sebagai team



DAFTAR PUSTAKA:
http://zeincom.wordpress.com/2011/10/22/pomo/
http://varianandre.wordpress.com/2012/10/08/teori-organisasi/
http://lebak-kauman.blogspot.com/2013/02/pengertian-dan-evolusi-teori-manajemen.html







Tidak ada komentar:

Posting Komentar