PENGERTIAN TEORI ORGANISASI MANAJEMEN
Ø
Organisasi
adalah suatu macam bentuk perkumpulan antar manusia yang saling berinteraksi
atau saling berbagi dalam menjalankan kehidupannya sebagai mahluk sosial .
Organisasi dapat di artikan sebagai tempat sharing seorang individu terhadap
individu-individu lainnya dalam suatu masalah tersebut.
Ø
Manajemen
adalah Suatu Proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui
orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.
Pengertian / Definisi
Organisasi Informal dan Organisasi
1. Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang
mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar, serta dengan
hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan
lain sebagainya.
2. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat
pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan
ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak SD dan lain-lain.
Ciri – Ciri Organisasi
-Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk Bekerja Sama
Organisasi adalah merupakan merupakan suatu wadah atau tempat dimana
orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan
tanpa adanya organisasi menjadi saat bagi orang-orang unutk melaksanakan suatu
kerja sama, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaiman cara bekerja sama
tersebut akan dilaksankan.
-Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
Suatu organisasi, selain merupakan tempat kerja sama juga merupaka proses
kerja sama sedikitnya antar dua orang.
-Jelas tugas kedudukannya masing-masing
Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing-masing orang atau
pihak hubngan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas, dengan demikian
kesimpulan dobel pekerjaan dan sebagainya akan dapat di hindarkan
-Ada tujuan tertentu
Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi seorang manajer. Suatu
perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cendrung lebih baik
hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik.
Prinsip
- Prinsip Manajemen
- Kepemimpinan
Dalam sebuah manajemen, kepemimpinan memegang peranan dalam menentukan kesatuan organisasi dan kesatuan arah dan tujuan organisasi.
- Pemaksimalan SDM (Sumber Daya Manusia)
Pemaksimalan SDM merupakan prinsip manajemen yang mendorong penempatan seseorang sesuai dengan bidang keilmuannya.
- Sistem Manajemen
Sistem manajemen merupakan sistem yang disusun untuk mencapai tujuan dan
arah organisasi secara efektif dan efisien.
- Pendekatan Proses
Pendekatan proses merupakan kegiatan manajemen yang melihat aktifitas
yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
- Perbaikan yang Berkelanjutan
Perbaikan yang berkelanjutan merupakan rangkaian dari kegiatan manjemen
yang dilakukan untuk meningkatkan atau mempertahankan prestasi yang diraih.
- Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan disesuaikan dengan data dan informasi yang akurat sehingga keputusan yang diambil tidak merugikan organisasi.
Pengambilan keputusan disesuaikan dengan data dan informasi yang akurat sehingga keputusan yang diambil tidak merugikan organisasi.
- Fokus pada Konsumen
Fokus pada konsumen merupakan kegiatan manajemen yang mempelajari tingkah laku dan atau perubahan tingkah laku konsumen.
Fokus pada konsumen merupakan kegiatan manajemen yang mempelajari tingkah laku dan atau perubahan tingkah laku konsumen.
- Hubungan Kerjasama yang Baik dengan Pihak Diluar Organisasi.
FUNGSI UTAMA MANAJEMEN
- Planning
Menentukan tujuan organisasi dan memilih serangkaian aksi dari beberapa alternatif yang ada untuk mencapai tujuan tersebut. Menentukan apa yang harus dilakukan, bagaimana, kapan dan siapa yang melakukan.
- Organizing
Menentukan bagaimana aktivitas dan sumber daya dikelompokkan. Menentukan
komposisi tim kerja dan aktivitas koordinasi.
- Leading
Serangkaian proses yang digunakan untuk membuat semua personel
organisasi bekerja sama untuk meningkatkan keuntungan. Memotivasi dan
berkomunikasi dengan SDM organisasi untuk memastikan bahwa tujuan organisasi
tercapai.
- Controlling
Memonitor kemajuan organisasi dalam mencapai tujuan. Proses
membandingkan hasil dan harapan, dan melakukan perubahan-perubahan yang tepat.
- Staffing
Rekruitasi, seleksi, pemberian tugas, pelatihan, pengembangan, evaluasi
dan pemberian kompensasi kepada staff.
Artinya, organisasi diciptakan tidak untuk kepentingan sendiri, tetapi
untuk kepentingan bersama anggota.
- Organisasi Mempunyai Aturan
Setiap organisasi mempunyai aturan, aturan tersebut harus ditaati oleh
setiap anggota, tujuan aturan tersebut dibuat yaitu supaya organisasi
terkendali dan teroganisir.
- Organisasi Termanajemen
Seperti pada artikel sebelumnya yaitu Pengertian Tentang Organisasi, Manajemen
dan Tata Kerja, untuk mencapai tujuan maka diperlukan kerja team.
Mengkoordinasi tugas merupakan salah satu tugas manager atau pimpinan,
pimpinan yang baik yaitu pimpinan yang mengajarkan anggotanya sebelum
memberikan perintah untuk dikerjakan, beda dengan ‘bos’ yang hanya terima
beres.
UNSUR-UNSUR ORGANISASI
Sebuah organisasi memiliki unsure-unsur yang salaing terkait didalamnya,
diantaranya
adalah:
-Manusia : sebagai unsur
terpenting dalam sebuah organisasi, artinya manusia sebagai penggerak
organisasi tersebut dalam usaha mencapai tujuannya.
-Team work : Kerja sama tim
sangat diperlukan dalam sebuah organisasi, hal ini menentukan tingkat
kesuksesan organisasi tersebut.
-Tujuan utama : sebuah
organisasi harus memiliki visi dan misi serta tujuan yang jelas.
-Peralatan dan Perlengkapan :
peralatan dan perlengkapan dibutuhkan oleh manusia sebagai sumber daya
terpenting untuk mempermudah jalannya proses manajemen organisasi.
-Sumber daya alam : sumber
daya alam juga memegang peranan penting dalam sebuah organisasi. Manusia
sebagai pelaku harus bisa memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia demi
tercapainya tujuan organisasi.
-Manajemen organisasi :
adanya pembagian tugas dan kewajiban serta hak dan wewenang bagi setiap
masing-masing anggota organisasi.
-Lingkungan : adanya
lingkungan yang kondusif artinya, terjadinya komunikasi positif antar sesama
anggota organisasi.
PENGALAMAN BERORGANISASI
Pengalaman organisasi yang
pertama saya lakukan pada saat saya
duduk di bangku smp,saya mengikuti organisasi Rohis,dalam organisasi itu kami
belajar mengenai pengetahuan Agama,dan saya mendapatkan ilmu yang sangat banyak
dari organisasi ini dari belajar bersosisalisasi,terjaga dari maksiat,terbiasa
tawazun mengejar dunia dan akhirat,Dll
Pengalaman organisasi selanjutnya saat saya
masuk di bangku SMA,pada saat tingkat ini saya banyak mengikuti organisasi di
Sekolah maupun di luar sekolah,saya pernah mengikuti organisasi seperti
Pramuka,organisasi Futsal,Bulutangkis,Karang taruna,dan masuk organisasi Fans
united di indonesia
Keuntungan mengikuti organisasi menurut saya
adalah adalah:
· -Kita bisa
menambah wawasan
· -Mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat
· -Lebih banyak pengalaman
· -Menambah keterampilan dan mengasah keterampilan
· -Membantu untuk bisa mendapatkan penghasilan
(tambahan penghasilan)
· -Bisa saling bertukar pendapat dan bersosisalisasi
· -Bisa bekerja sama sebagai team
DAFTAR PUSTAKA:
http://zeincom.wordpress.com/2011/10/22/pomo/
http://varianandre.wordpress.com/2012/10/08/teori-organisasi/
http://lebak-kauman.blogspot.com/2013/02/pengertian-dan-evolusi-teori-manajemen.html
DAFTAR PUSTAKA:
http://zeincom.wordpress.com/2011/10/22/pomo/
http://varianandre.wordpress.com/2012/10/08/teori-organisasi/
http://lebak-kauman.blogspot.com/2013/02/pengertian-dan-evolusi-teori-manajemen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar