Bentuk dan struktur organisasi
Ø Ada berapa tipe/bentuk organisasi?
1.
ORGANISASI NIAGA
Organisasi
Niaga Adalah Suatu organisasi yang sifatnya untuk mencapai suatu keuntungan.
Organisasi ini sering kita temui dalam kehidupan yang berbasis globalisasi saat
ini, dengan faktor ekonomi yang semakin berkembang menjadikan Organisasi Niaga
semakin pesat pula.
Adapun
Macam-Macam Organisasi Niaga, Antara Lain:
1.
Perseroan Terbatas (PT)
2.
Perseroan Komanditer (CV)
3.
Firma (FA)
4.
Koperasi
5.
Join Ventura
6.
Trust
7.
Kartel
8. Holding Company
1.
ORGANISASI SOSIAL
Organisasi
Sosial merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat. Organisasi ini
biasanya mempunyai tujuan untuk kepentingan sosial seperti perkumpulan untuk
mendapatkan suatu ilmu, kebutuhan rohani, maupun tujuan bagi kepentingan sosial
atau bersama. Karena itu Organisasi Sosial dapat diartikan sebagai Organisasi
Kemasyaratakan karena tujuan nya hanya untuk kepentingan bersama.
Jalur
Pembentukan Organisasi Sosial:
a) Jalur Keagamaan. contoh: Organisasi majelis
Ta’lim masjid
b) Jalur Profesi. contoh : Kelompok belajar
kampus
c) Jalur Kepemudaan. contoh : Karang Taruna
antar warga
d) Jalur Kemahasiswaan. Contoh : BEM kampus
e) Jalur Kepartaian & Kekaryaan. contoh :
Kampanye
3.
ORGANISASI REGIONAL
Organisasi
Regional merupakan organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara
tertentu saja. Sebagai contoh: ASEAN
(Association of Southeast Asian Nations = Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia
Tenggara (PERBARA) ( Dibentuk 8 Agustus 1967, memiliki 10 negara anggota, Timor
Leste dan Papua new Guinea hanya sebagai pemantau, dan masih mempertimbangkan
akan menjadi anggota)
4.
ORGANISASI INTERNASIONAL
Organisasi
Internasional merupakan Organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di
dunia. Sebagai contoh : PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)
Tipe,
Bentuk dan Struktur Organisasi
Struktur Organisasi ( Organizational Structure )
Stuktur
organisasi pada setiap perusahaan berbeda-beda bergantung pada budaya dan jenis
industri dimana mereka berusaha. Contohnya saja perusahaan konsultan dan
perusahaan pertambangan. Struktur organisasi mereka bisa sangat berbeda.
Umumnya pada perusahaan konsultan, jabatan tertinggi adalah “partner” sedangkan
pada perusahaan tambang bisa CEO. Umumnya stuktur organisasi dapat digolongkan
menjadi tiga jenis: Fungsional, Project, dan Organisasi Matrix. Tipe struktur
organisasi berpengaruh pada bagaimana komunikasi didalam perusahaan.
Struktur
Organisasi
Berdasarkan
pola hubungan kerja dan aktivitas, wewenang serta tanggungjawab, maka
bentuk-bentuk organisasi dibedakan sebagai berikut
1. Struktur
Organisasi Lini
Organisasi
bentuk garis di ciptakan oleh Henry Fayol. Pada struktur organisasi ini,
wewenang dari atasan disalurkan secara vertikal kepada bawahan. Begitu juga
sebaliknya, pertanggungjawaban dari bawahan secara langsung di tujukan kepada
ataan yang memberi perintah. Umumnya organisasi yang memakai struktur ini
adalah organisasi yang masih kecil, jumlah karyawannya sedikit dan spesialisasi
kerjanya masih sederhana
Ciri-Ciri:
Kesatuan
perintah terjamin; Pembagian kerja jelas dan mudah dilaksanakan; Organisasi
tergantung pada satu pimpinan
2. Struktur
Organisasi Fungsional
Struktur
organisasi fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor. Struktur ini berawal dari
konsep adanya pimpinan yang tidak mempunyai bawahan yang jelas dan setiap atasan
mempunyai wewenang memberi perintah kepada setiap bawahan, sepanjang ada
hubunganya dengan fungsi atasan tersebut. Setiap pegawai mempunyai pengawas
lebih dari satu orang atasan yang berberda-beda.
Ciri-Ciri
Struktur organisasi fungsional :
-Tidak
menjamin adanya kesatuan perintah
-Keahlian
para pengawas dan pegawai berkembang menuju spesialisasi
-Penghematan
waktu dapat dilakukan karena mengerjakan pekerjaan yang sama
3.
Struktur Oranisasi Garis dan Staf
Struktur
organisasi ini merupakan struktur organisasi gabungan yang di kembangkan oleh
Harrington Emerson. Struktur ini umumnya di gunakan oleh organisasi yang besar,
daerah kerja luas, bidang tugas yang beraneka ragam dan jumlah bawahan yang
banyak sehingga pimpinan tidak bisa bekerja sendiri, melainkan memerlukan
bantuan staf. Staf adalorang ahli dalam bidang tertentu yang bertugas memberi
nasihat dan saran kepada pimpinan dalam organisasi tersebut.
4. Struktur
Organisasi Fungsional dan Staf
Struktur
organisasi ini merupakan gabungan dari bermacam-macam struktur
organisasi.dengan memakai sistem gabungan ini di mungkinkan memilih, yang
menguntungkan di pakai yang merugikan di tinggalkan.
Struktur
Organisasi Di Buat Dengan Maksud :
Memperlihatkan
pola hubungan antara anggota organisasi dan sarana yang dimiliki agar setiap
anggota organisasi mengerti dengan jelas tugasnya, kewajiban, hak dan tanggung
jawab.
5.ORGANISASI
KOMITE (COMMITE ORGANIZATION)
Suatu organisasi dimana tugas
kepemimpinan dan tugas tertentu lainnya dilaksanakan secara kolektif.
Organisasi komite terdiri dari :
1. Executive Committee ( Pimpinan
Komite), yaitu para anggotanya mempunyai wewenang lini
2. Staff Committee, yaitu orang – orang
yang hanya mempunyai wewenang staf
Faktor-faktor yang menentukan perancangan tipe organisasi yaitu :
- Strategi organisasi pencapaian tujuan.
- Perbedaan teknologi yang digunakan untuk
memproduksi output.
- Kemampuan dan cara berpikir.
- Besarnya organisasi dan satuan kerjanya
mempengaruhi struktur organisasi
Unsur-unsur tipe organisasi terdiri dari :
- Spesialisasi kegiatan
- Koordinasi kegiatan
- Standarisasi kegiatan
- Sentralisasi dan desentralisasi
pembuatan keputusan
- Ukuran satuan kerja
Bentuk-bentuk Organisasi Bagan
organisasi
susunan fungsi-fungsi dan departementasi yang menunjukkan hubungan kerja
sama. Bagan ini menggambarkan lima aspek utama suatu struktur organisasi, yaitu
:
- Pembagian kerja
- Rantai perintah
- Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
- Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan
- Tingkatan manajemen
Macam-macam Skema Organisasi:
1. Skema Organisasi Fungsional: Dalam skema organisasi fungsional,
menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan
fungsi-fungsi yang lain.
2. Skema Organisasi Jabatan Dalam skema organisasi jabatan, menjelaskan
tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing.
3. Skema Organisasi Nama Dalam skema organisasi nama, menjelaskan tentang
garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang
bersangkutan.
4. Skema Organisasi Nama dan Jabatan Dalam skema organisasi nama dan
jabatan, menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama
para pejabat dalam suatu organisasi.
5. Skema Organisasi Struktur Dalam skema organisasi truktur, menjelaskan
tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut
Ø Apa yang dimaksud dengan rentang kendali (Span Of
Control)?
Rentang
manajemen atau rentang kendali adalah kemampuan manajer untuk melakukan
koordinasi secara efektif yang sebagian besar tergantung jumlah bawahan yang
melapor kepadanya. Prinsip rentang manajemen berkaitan dengan jumlah bawahan
yang dapat dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer. Bawahan yang
terlalu banyak kurang baik, demikian pula jumlah bawahan yang terlalu sedikit
juga kurang baik.
Istilah-istilah lain rentang manajemen:
1. span of control
2. Span of authority
3. Span of attention atau span of supervision
Ada dua faktor utama yang mempengaruhi kemampuan organisasi untuk meningkatkan rentang kendali manajerial :
- Pentingnya hubungan tatap muka dengan
bawahan. Karena manajer harus mampu melakukan hubungan pribadi dalam
menyelesaikan masalah-masalah lainnya, dan jumlah waktu yang diperlukan untuk
melakukan kegiatan ini merupakan kendala mendasar dalam menentukan jumlah
bawahan atau rentang kendali.
- Berkaitan dengan pengendalian dan
evaluasi dari kegiatan masing-masing bawahan serta masing-masing subunit
organisasi. Kegiatan ini sangat bergantung pada informasi yang disediakan oleh
sistem informasi.
Perlunya Rentang Kendali dalam Organisasi
- -Keterbatasan waktu
- -Keterbatasan pengetahuan
- -Keterbatasan kemampuan
- -Keterbatasan perhatian
- - Rentang Kendali setiap pemimpin /manager
tidak sama (relatif)
Faktor yang Membatasi Rentang Kendali
- -Sifat dan terperincinya rencana
- -Latihan-latihan dalam perusahaan
- -Posisi Manager dalam perusahaan
- -Dinamis & Statisnya Organisasi
- -Efektivitas Komunikasi
- -Tipe pekerjaan yang dilakukan
- -Kecakapan & Pengalaman Manager
- -Span of Personality and Energy
- -Dedikasi dan Partisipasi
bawahan
Ø Berikan “Contoh Nyata” Struktur organisasi yang ada?
Sumber
Referensi :
http://sukmawanstarscreams.blogspot.com/2013/10/tipe-atau-bentuk-struktur-dan-skema.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar