Kamis, 19 November 2015

KRITIK DAN SARAN JURNAL

NAMA     : FAJAR SURYANTO
KELAS    : 3KA10
NPM        : 13113169


KRITIK JURNAL


Judul : Jurnal sistem informasi penelusuran data alumni berbasis web

Penulis : Prabowo Setya Putra; HeryMaryanto, S.Pd

Sumber : https://www.academia.edu/8143042/JURNAL_SISTEM_INFORMASI_PENELUSURAN_DATA_ALUMNI_BERBASIS_WEB_PADA_STT_DHARMA_ISWARA_MADIUN

Tujuan Penelitian : Tugas 2 Bahasa Indonesia pada Universitas Gunadarma



Judul
Judul dari artikel jurnal ini adalah “Jurnal sistem informasi penelusuran data alumni berbasis web” judul tersebut kurang menjelaskan isi dari keseluruhan jurnal dan terkesan menggantung. Lalu dalam judul ini tidak memuat tahun pada saat penelitian ini dilakukan.

Sumber tulisan
Sumber Data Dalam pembuatan sistem informasi diperlukan sebuah metodologi atau tata cara berupa kegiatan untuk mengumpulkan data demi tercapainya sistem informasi yang berkualitas dan sesuai kebutuhan perusahaan, adapun cara untuk mengumpulkan data yang digunakan pada sistem

Gaya Penulisan
penulisan telah tersusun dengan baik dan jelas mulai dari judul penelitian, nama penulis, abstrak (konteks, tujuan penelitian, pengaturan dan desain, bahan dan metode, analisis statistik, hasil, kesimpulan) pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, tetapi tidak terdapat kata kunci (keyword) dalam penelitian. Tata bahasa yang dipergunakan mudah dipahami.

Abstrak
Abstrak dalam penelitian ini mampu menggambarkan secara jelas mengenai masalah penelitian, tujuan penelitian, metodologi dan hasil yang didapatkan. Abstrak dalam penelitian ini juga sudah memenuhi IMRAD (Introduction, Metode, Result, Analize, Discussion). sistem layanan informasi untuk menyimpan data-data alumni secara terstruktur, aman, dan dapat diperbarui dengan mudah dan cepat.

Metode Penelitian
Laporan penelitian ini telah mengikuti langkah-langkah yang seharusnya yaitu : dimulai dari judul penelitian, nama penulis, abstrak (konteks, tujuan penelitian, pengaturan dan desain, bahan dan metode, analisis statistik, hasil, kesimpulan, dan kata kunci), pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan, dan kesimpulan. Sedangkan masih ada kekurangan yaitu catatan kaki yang tidak dicantumkan.


Rancangan masalah
Dalam merancang sebuah sistem penulis membutuhkan sebuah metode pengembangan sistem untuk memudahkan penelitian rancangan sistem yang akan dibuat. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Metode waterfall adalah metode pengembangan yang dirancang secara berurutan dan linier.


Kesimpulan
Kesimpulan Dari penelitian, hasil analisa, serta hasil dari pembuatan sistem informasi data alumni ini dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu :
Sistem informasi data alumni ini merekam semua data-data yang telah dimasukan dan menyimpan kedalam sebuah database.
Dengan adanya sistem informasi data alumni ini diharapkan pengelolaan dan pengarsipan data-data alumni dapat dikelola jauh lebih baik.
Dengan adanya sistem informasi data alumni dapat mempermudah admin (pengelola data alumni) yang tidak perlu memasukan data-data alumni satu-persatu karena semua data sepenuhnya diisi sendiri oleh para alumni melalui website sistem informasi data alumni.
Sistem informasi data alumni ini mempermudah dalam melakukan pencarian data alumni melalui fasilitas searching


CATATAN:
Jurnal ini dalam penulisan sudah sangat bagus dan lengkap,tapi kalo saya boleh memberikan saran untuk jurnal ini agar lebih baik untuk di berikan konten yang lebih menarik,gaya penulisan yang lebih mudah supaya pembaca agar lebih mudah memahami arti dari tulisan jurnal tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar