Rute Kendaraan Umum Di Indonesia
NAMA : Fajar Suryanto (13113169)
KELAS : 3KA 10
I.LATAR
BELAKANG
saat
di era modern seperti ini manusia sudah mampu membeli kendaraan
pribadi dengan mudah namun
dibalik kemudahan nya, kepemilikan kendaraan pribadi terlalu banyak
juga menimbulkan masalah.Banyaknya kendaraan pribadi berarti
kemacetan yang semakin banyak di jalan. Hal ini dikarenakan jumlah
peningkatan kendaraan pribadi tidak sebanding dengan peningkatan
kapasitas jalan.
Semakin
banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan umum, semakin efektif
pula penggunaan jalan raya. Dengan kata lain, kendaraan umum
merupakan salah satu pemecahan masalah yang dihadapi hampir semua
kota besar di dunia adalah kemacetan,meskipun
seperti itu masih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan
angkutan umum untuk menjalankan aktivitas sehari hari mereka,di
Indonesia banyak sekali Sebuah
kendaraan memerlukan bahan bakar.
Sebagai
gantinya, kendaraan mengeluarkan daya dan juga zat-zat polusi. Jika
setiap orang menggunakan kendaraan pribadi, maka jumlah zat polusi di
udara akan sebanding dengan jumlah manusia. Lain halnya jika banyak
orang menggunakan kendaraan umum. Satu kendaraan umum mampu
mengangkut lebih dari satu penumpang (sebuah rangkaian kereta api
dapat mengangkut hingga 500-600 penumpang), yang berarti pengurangan
polusi.dan juga mikrolet,metromini yang bisa mengangkut lebih dari 50
orang,bandingkan dengan angkot,taksi,bajaj,dan sekarang yang sedang
naik daun seperti gojek yang hanya bisa mengangkut beberapa penumpang
saja
II.Rumusan
masalah
Bagaimana
cara mengatasi kemacetan?
Bagaimana
mengurangi Polusi di indonesia?
Bagaimana
cara merubah pola pikir manusia itu?
Bagaimana
meminimalkan waktu untuk berkendara?
Bagaimana
cara mengubah konsep kendaraan umum di negara ini?
III.TUJUAN
Tujuan
dari masalah diatas menurut saya adalah,Pemerintah harus lebih jelih
dalam membuat keputusan/persetujuan dalam hal kendaraan umum untuk
beroperasi di indonesia lebih tepat nya di ibu kota jakarta dengan
membuat aplikasi data base rute kendaraan umum untuk angkot,metromini
agar tidak seenaknya menurunkan penumpang di jalan,yang akan
mengkibatkan macet dimana mana,atau bisa menambah unit busway,atau
gerbong kereta api dan hal itu akan meminimalisirkan
karna
dengan semeraut jalan di jakarta ini semakin stres setiap penggunanya
dan akan mengakibatkan rusaknya mood di aktivitas sehari hari,dengan
adanya aplikasi itu masyarakan akan lebih di mudahkan dan kendaraan
di jalan lebih terstruktur dan tidak semeraut dan dengan harga yang
sudah pasti.
IV.PEMBAHASAN
Masalah
fasilitas angkutan umum. Angkutan umum perkotaan, yang saat ini
didominasi oleh angkutan bus dan mikrolet masih terasa kurang nyaman,
kurang aman dan kurang efisien. Angkutan massal seperti kereta api
masih kurang berfungsi untuk angkutan umum perkotaan.
Berdesak-desakan di dalam angkutan umum sudah merupakan pandangan
sehari-hari di kota-kota besar. Pemakai jasa angkutan umum masih
terbatas pada kalangan bawah dan sebagian kalangan menengah,setelah belum lama ini komunitas Gojek muncul di jakarta,dengan adanya,fasilitas ini masyarakat dimudahkan dengan aplikasi yang ada didalamnya bukan hanya bisa mengantarkan seseorang,tetapi bisa juga megirim barang,makanan,dll saya harap aplikasi yang ada dalam gagasan saya bisa memudahkan masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari hari
.
Rute
kendaraan darat di indonesia adalah sebuah gagasan pembuatan aplikasi
kendaraan angkot,bus,kereta di indonesia untuk mengetahui nama
angkot,harga,dan rute jurusan tujuan nya,kadang seseorang bingung
menentukan tujuan karna tidak tau harus naik angkutan apa tetepi
dengan adanya aplikasi ini masyarakat tidak usah bingung untuk naik
kendaraan umum karna semua pemberitahuan akan dijelaskan pada
aplikasi ini,aplikasi ini akan terus berkembang,aplikasi ini bisa di
download dengan mudah di android,IOS maupun windows,dan bisa
digunakan saat online maupun offline.
Pembangunan
angkutan perkotaan diarahkan pada pemulihan kondisi pelayanan armada
bus kota, sesuai dengan standar pelayanan minimal
semoga
dengan aplikasi ini mendorong
pengembangan teknologi untuk membatasi penggunaan kendaraan pribadi,
seperti electronic road pricing (ERP)
Aplikasi
ini mendukung pengembangan transportasi yang berkelanjutan, terutama
penggunaan transportasi umum massal di perkotaan yang padat,
terjangkau dan efisien, berbasis masyarakat dan terpadu dengan
pengembangan wilayah. (mengurangi pemakaian kendaraan pribadi)
V.KESIMPULAN
Angkutan
umum adalah salah satu solusi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat
mengingat banyaknya dampak yang ditimbulkan oleh penggunaan
transportasi yang berlebihan. Alasan ini disebabkan dengan beberapa
alasan:
-Bebas energi karena masyarakat hanya menggunakan sedikit energi.
-Keselamatan lebih terjamin
-Bebas energi karena masyarakat hanya menggunakan sedikit energi.
-Keselamatan lebih terjamin
-Kesehatan
manusia akan lebih terjaga karena sedikitnya polusi
kesimpulan
bahwa penggunaan Angkutan umum lakan memudahkan mengatasi dampak yang
disebabkan oleh transportasi perorangan seperti kemacetan,polusi yang
yang ditimbulkan,dan kerugian bagi efisiennya waktu. Selain
itu,masyarakat dan pemerintah lebih meningkatkan kerjasama agar bisa
mengurangi bahkan mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh
transportasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar