Minggu, 01 November 2015

Paper Bahasa Indonesia 1 # (Tugas 1)

Rute Kendaraan Umum Di Indonesia


NAMA  :  Fajar Suryanto (13113169)
KELAS :  3KA 10




I.LATAR BELAKANG

saat di era modern seperti ini manusia sudah mampu membeli kendaraan pribadi dengan mudah namun dibalik kemudahan nya, kepemilikan kendaraan pribadi terlalu banyak juga menimbulkan masalah.Banyaknya kendaraan pribadi berarti kemacetan yang semakin banyak di jalan. Hal ini dikarenakan jumlah peningkatan kendaraan pribadi tidak sebanding dengan peningkatan kapasitas jalan.

Semakin banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan umum, semakin efektif pula penggunaan jalan raya. Dengan kata lain, kendaraan umum merupakan salah satu pemecahan masalah yang dihadapi hampir semua kota besar di dunia adalah kemacetan,meskipun seperti itu masih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan angkutan umum untuk menjalankan aktivitas sehari hari mereka,di Indonesia banyak sekali Sebuah kendaraan memerlukan bahan bakar.


Sebagai gantinya, kendaraan mengeluarkan daya dan juga zat-zat polusi. Jika setiap orang menggunakan kendaraan pribadi, maka jumlah zat polusi di udara akan sebanding dengan jumlah manusia. Lain halnya jika banyak orang menggunakan kendaraan umum. Satu kendaraan umum mampu mengangkut lebih dari satu penumpang (sebuah rangkaian kereta api dapat mengangkut hingga 500-600 penumpang), yang berarti pengurangan polusi.dan juga mikrolet,metromini yang bisa mengangkut lebih dari 50 orang,bandingkan dengan angkot,taksi,bajaj,dan sekarang yang sedang naik daun seperti gojek yang hanya bisa mengangkut beberapa penumpang saja




II.Rumusan masalah

Bagaimana cara mengatasi kemacetan?
Bagaimana mengurangi Polusi di indonesia?
Bagaimana cara merubah pola pikir manusia itu?
Bagaimana meminimalkan waktu untuk berkendara?
Bagaimana cara mengubah konsep kendaraan umum di negara ini?




III.TUJUAN

Tujuan dari masalah diatas menurut saya adalah,Pemerintah harus lebih jelih dalam membuat keputusan/persetujuan dalam hal kendaraan umum untuk beroperasi di indonesia lebih tepat nya di ibu kota jakarta dengan membuat aplikasi data base rute kendaraan umum untuk angkot,metromini agar tidak seenaknya menurunkan penumpang di jalan,yang akan mengkibatkan macet dimana mana,atau bisa menambah unit busway,atau gerbong kereta api dan hal itu akan meminimalisirkan

karna dengan semeraut jalan di jakarta ini semakin stres setiap penggunanya dan akan mengakibatkan rusaknya mood di aktivitas sehari hari,dengan adanya aplikasi itu masyarakan akan lebih di mudahkan dan kendaraan di jalan lebih terstruktur dan tidak semeraut dan dengan harga yang sudah pasti.




IV.PEMBAHASAN

Masalah fasilitas angkutan umum. Angkutan umum perkotaan, yang saat ini didominasi oleh angkutan bus dan mikrolet masih terasa kurang nyaman, kurang aman dan kurang efisien. Angkutan massal seperti kereta api masih kurang berfungsi untuk angkutan umum perkotaan. Berdesak-desakan di dalam angkutan umum sudah merupakan pandangan sehari-hari di kota-kota besar. Pemakai jasa angkutan umum masih terbatas pada kalangan bawah dan sebagian kalangan menengah,setelah belum lama ini komunitas Gojek muncul di jakarta,dengan adanya,fasilitas ini masyarakat dimudahkan dengan aplikasi yang ada didalamnya bukan hanya bisa mengantarkan seseorang,tetapi bisa juga megirim barang,makanan,dll saya harap aplikasi yang ada dalam gagasan saya bisa memudahkan masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari hari
.
Rute kendaraan darat di indonesia adalah sebuah gagasan pembuatan aplikasi kendaraan angkot,bus,kereta di indonesia untuk mengetahui nama angkot,harga,dan rute jurusan tujuan nya,kadang seseorang bingung menentukan tujuan karna tidak tau harus naik angkutan apa tetepi dengan adanya aplikasi ini masyarakat tidak usah bingung untuk naik kendaraan umum karna semua pemberitahuan akan dijelaskan pada aplikasi ini,aplikasi ini akan terus berkembang,aplikasi ini bisa di download dengan mudah di android,IOS maupun windows,dan bisa digunakan saat online maupun offline.

Pembangunan angkutan perkotaan diarahkan pada pemulihan kondisi pelayanan armada bus kota, sesuai dengan standar pelayanan minimal
semoga dengan aplikasi ini mendorong pengembangan teknologi untuk membatasi penggunaan kendaraan pribadi, seperti electronic road pricing (ERP)

Aplikasi ini mendukung pengembangan transportasi yang berkelanjutan, terutama penggunaan transportasi umum massal di perkotaan yang padat, terjangkau dan efisien, berbasis masyarakat dan terpadu dengan pengembangan wilayah. (mengurangi pemakaian kendaraan pribadi)







V.KESIMPULAN

Angkutan umum adalah salah satu solusi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat mengingat banyaknya dampak yang ditimbulkan oleh penggunaan transportasi yang berlebihan. Alasan ini disebabkan dengan beberapa alasan:
-Bebas energi karena masyarakat hanya menggunakan sedikit energi.
-Keselamatan lebih terjamin
-Kesehatan manusia akan lebih terjaga karena sedikitnya polusi

kesimpulan bahwa penggunaan Angkutan umum lakan memudahkan mengatasi dampak yang disebabkan oleh transportasi perorangan seperti kemacetan,polusi yang yang ditimbulkan,dan kerugian bagi efisiennya waktu. Selain itu,masyarakat dan pemerintah lebih meningkatkan kerjasama agar bisa mengurangi bahkan mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh transportasi.





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar