Selasa, 14 Maret 2017

Etika dan Profesionalisme TSI

   SOAL.  
     
    1.Pengertian Etika, Profesionalisme & ciri khas seorang Profesional

   2. Kode etik profesionalisme

   3.Ancaman dalam cyber crime dan cyber war

   4.IT Forensik dan Toolsnya
    
    5.Jelaskan cita-cita kalian di bidang IT dan alasannya


   JAWAB.
   1.
 Etika bisa dikatakan sebuah perilaku manusia yang dilakukannya sebagai suatu nilai. Bertujuan menegaskan mana prilaku yang memiliki nilai yang baik dan mana nilai yang buruk. 
 Profesionalisme adalah suatu standar kerja yang memiliki keahlian tertentu sesuai dengan apa yang di inginkan sebagai faktor pengukuran atas bekerjanya seseorang atau kelompok dalam melaksanakan tugas  

   Ciri khas seorang Profesional:

   Disiplin dalam melakukan perkerjaan
   Melakukan yang terbaik dari yang di harapkan 
   Menghasilkan sesuatu yang berkualitas
   Antusias, penuh semangat dan percaya diri
   Mengetahui apa yang di perlukan dan di inginkan

   2.
  Kode etik dalam profesionalisme merupakan aturan-aturan yang dibuat dalam melakukan pekerjaan.Kode etik biasanya memiliki petunjuk-petunjuk yang tidak boleh dilakukan dalam pekerjaan.

   3.
   Cyber crime merupakan tindakan diluar norma dan hukum yang ada dalam dunia maya / internet, yang mana cyber crime ini memiliki tingkat kriminalitas yang cukup tinggi dan rendah. Ancaman dengan tingkat kriminalitas yang cukup tinggi contohnya seperti pencurian data-data penting seperti data pin atm, data perusahaan dan lain-lain, dan ancaman dengan tingkat criminal yang rendah adalah seperti pencemaran nama baik.

 Cyber war sama seperti cyber crime yang mana pelaku tidak menunjukan aktivitas tercela yang dilakukannya, tetapi cyber war menurut saya lebih parah karena dapat membuat suatu perang antar Negara, karena cyber war sendiri cangkupannya sangat luas hingga satu dunia. Bentuk dari cyber war sendiri ada non teknis dan teknis, untuk yang non teknis contohnya seperti penyebaran berita bohong / hoax di media social, menyebarkan gambar yang bertujuan untuk membully. Bentuk teknis itu yang paling parah, contohnya seperti, penyebaran virus untuk melumpuhkan nuklir yang dimiliki suatu Negara, dan pembajakan asset-aset Negara yang sangat penting.
   
  4.
  IT Forensik merupakan penggunaan sekumpulan prosedur untuk melakukan pengujian secara menyeluruh suatu sistem komputer dengan mempergunakan software dan tool untuk memelihara barang bukti tindakan kriminal.
      Tool IT Forensic :
    Terdapat bermacam vendor perangkat lunak forensik. Paket dari The New Technologies Corporate Evidence Processing Suite menyertakan :
•     CRCND5: CRC (checksum) yang memvalidasi isi file.
•     DISKSIG:  CRC program yang memvalidasi image backup.
•     FILELIST: Tool katalog disk untuk evaluasi komputer berdasarkan waktu
•     FILTER I: Filter berkecerdasan dengan fuzzy logic.
•     GETFREE: Tool pengumpulan unallocated data.

  5.
  Cita cita saya dibidang IT menjadi sistem analisis karena saya gemar dalam melakukan penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem. Dan dapat memberikan hal positif tentang kemajuan teknologi di indonesia.

  Sumber:
  https://tirzarest.wordpress.com/2014/03/17/profesionalisme-dan-kode-etik-profesional/
  http://darkzone7.blogspot.co.id/2015/03/kode-etik-profesionalisme.html
  https://thekicker96.wordpress.com/definisi-it-forensik/








1 komentar: